Cara Mengatur Waktu Kuliah Seimbang Organisasi dengan Akademik

Cara Mengatur Waktu Kuliah

Ingin tahu bagaimana cara mengatur waktu kuliah sehingga tidak hanya menjadi mahasiswa kupu-kupu. Kami disini sudah menyiapkan beberapa trik ampuh sehingga Anda bisa menjadi mahasiswa berkualitas.

Tidak hanya menjadi budak organisasi, proyek dosen, atau tertipu MLM namun mampu lulus dengan nilai memuaskan. Ketika menjadi mahasiswa kuncinya sebenarnya hanya satu yaitu mampu beradaptasi terhadap lingkungan.

Ingat, tips disini tidak bisa diimplementasikan hitam di atas putih sehingga masih harus ada penyesuaian disana-sini. Karena perlu dipahami bahwa perkuliahan di era sekarang itu cukup keras sampai menguras mental.

Jika tidak mampu beradaptasi terhadap lingkungan seperti itu tentu saja nantinya akan jadi repot. Mari memahami bersama bagaimana realita pengaturan waktu sebagai seorang mahasiswa.

7 Cara Mengatur Waktu Kuliah

Saat menjadi seorang mahasiswa tentu tidak boleh hanya duduk di bangku perkuliahan saja. Agar antara akademik dan organisasi berjalan lancar mari ikuti beberapa tips berikut ini bagi para mahasiswa baru.

Kuliah Harus Prioritas Pertama

Apapun caranya tantangannya atau bahkan ancaman dari senior organisasi kuliah merupakan prioritas utama. Ketika ada agenda akademik berpengaruh terhadap nilai sebuah materi perkuliahan maka itu harus diprioritaskan.

Ancaman apapun terkait kegiatan diluar akademik tersebut hiraukan bahkan jika bisa siap pasang badan. Jika tidak begitu maka Anda akan menjadi budak organisasi dimana bukan disitu uang SPP Anda pergi.

Jadi cara mengatur waktu kuliah adalah memprioritaskan studi di atas segalanya. Memang terkadang dosen itu cukup menjengkelkan namun disitulah gerbang kelulusan dan nilai cumlaude.

Organisasi Prioritas Berikutnya

Agar tetap memiliki relasi setelah lulus nanti organisasi adalah prioritas berikutnya. Setelah urusan akademik selesai maka dapat bebas bermain di dalam organisasi apapun bentuknya.

Baik itu kegiatan politik kampus atau menjadi seorang pecinta alam silahkan bukan masalah. Ini merupakan kesempatan besar untuk mencari relasi agar nantinya setelah lulus tidak menjadi pejuang independen.

4 Jam Tidur Sehari Sebuah Kemewahan

Memang perlu diakui bahwa jadwal perkuliahan sekarang ekstra ketat dan menyibukkan. Jadi cara mengatur waktu kuliah paling efektif adalah memotong jam tidur malam.

Mendapatkan jatah empat jam saja setiap hari selama empat tahun maksimal bukanlah penderitaan terdalam. Oleh karena itu usahakan jika memungkinkan tetap tidur malam setidaknya empat jam.

Hindari Relasi yang Memperburuk Situasi

Saat kita melihat sinetron atau film terutama dalam negeri sepertinya kuliah itu cukup menyenangkan. Bisa mendapatkan pacar kemudian saling memadu asmara satu sama lain.

Realitanya adalah asmara memang boleh dilakukan namun itu akan sangat membuang waktu. Bahkan bagi jurusan tertentu justru lebih baik tidur dibandingkan harus pacaran.

Salah satu cara mengatur waktu kuliah agar bisa tetap pacaran yaitu mencari pacar yang cukup fleksibel. Jadi mereka tidak memberikan tuntutan terlalu banyak agar Anda mampu fokus pada bidang akademik.

Sempatkan Olahraga Meskipun Hanya Jogging

Salah satu kesalahan terbesar para mahasiswa adalah tidak menyempatkan diri untuk berolahraga. Rasa stress akibat tekanan studi dan lingkungan bisa menjadi racun jika ditahan.

Oleh karena itu olahraga adalah salah satu cara agar tubuh efektif menghasilkan endorphin. Ketika tidak punya banyak waktu jogging saja cukup karena waktunya bisa cukup fleksibel.

Apabila memungkinkan pergilah ke gym untuk melatih otot sekaligus memicu hormon endorphin. Ini akan memberikan rasa rileks sekaligus memperbaiki bentuk tubuh karena itu bisa jadi investasi saat lulus nanti.

Jangan Begadang Kecuali Keperluan Akademik atau Organisasi

Terkadang ketika ingin mencari hiburan jam malam jelas menjadi solusinya. Namun sebenarnya cara mengatur waktu kuliah justru menghindari kehidupan malam karena itu membuat tubuh sangat lelah.

Temukan Hobi Baru

Ini memang tidak ada hubungannya dengan waktu namun baik untuk kesehatan jiwa. Saat menempuh studi usahakan tetap melanjutkan hobi di waktu senggang agar tidak gila akibat tuntutan kampus.

Semua tips tadi tentu bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan maupun kondisi perkuliahannya. Jadi cara mengatur waktu kuliah itu tidak terlalu sulit selama kita tahu dan konsisten menjaga skala prioritasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *