Manfaat Kuliah Sambil Kerja yang Layak untuk Dicoba

Manfaat Kuliah Sambil Kerja

Jika sudah tahu manfaat kuliah sambil kerja pasti kebanyakan mahasiswa memilih menggunakan waktu luang mereka untuk bekerja. Hanya saja masih banyak mahasiswa yang belum sadar tentang pentingnya pengalaman bekerja di masa kuliah.

Memang kuliah sambil kerja bukan hal yang mudah dilakukan, karena selain menguras banyak energi, Anda juga dituntut mahir dalam mengelola waktu. Selain itu bisa saja tugas-tugas kuliah juga menumpuk, sehingga banyak hal yang harus dikorbankan dalam menekuni kedua kegiatan tersebut.

Meski demikian, ketika sudah tahu manfaat kuliah sambil kerja tentu sepadan rasanya mengorbankan waktu luang atau waktu bermain. Di tengah perkembangan zaman yang begitu cepat seperti saat ini, persaingan di dunia kerja juga semakin sengit.

Menjalani kuliah sambil bekerja sebenarnya bukan hal yang sulit, asal tahu tips menjalankannya. Setiap pengorbanan yang dilakukan tentu akan menghadirkan beragam manfaat di masa depan, oleh sebab itu, kegiatan kuliah sambil kerja merupakan hal yang layak dicoba.

Manfaat Kuliah Sambil Kerja yang Penting Diketahui Mahasiswa

Namanya bekerja tentu bukan hal yang menyenangkan, apa lagi jika dilakukan sambil menyelesaikan kuliah. Meski demikian, kebanyakan mahasiswa berprestasi melakoni hal tersebut, karena banyak manfaat yang dirasakan seperti berikut ini.

Menambah Penghasilan dan Menambah Pengalaman

Ketika melakukan kegiatan kuliah sambil kerja, tentu manfaat pertama yang bisa diperoleh adalah menambah penghasilan. Uang bulanan kiriman orang tua bisa bertambah dari gaji yang diperoleh setelah bekerja, dan tentunya hal tersebut sangat membantu.

Selain itu, manfaat kuliah sambil kerja adalah menambah pengalaman yang tentunya sangat penting setelah lulus kuliah nanti. Pengalaman ini akan membuat Anda paham bagaimana dunia kerja sesungguhnya, sehingga bisa mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Semakin Mahir dalam Manajemen Waktu

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa melakukan kuliah sambil kerja harus mahir dalam mengelola waktu. Karena jika tidak pandai mengatur waktu, kuliah bisa terganggu akibat pekerjaan tersebut. Jadi harus bisa memanfaatkan waktu luang sebaik mungkin.

Ketika sudah memiliki kemampuan dalam manajemen waktu, hal ini akan memberikan lebih banyak manfaat. Ketika Anda memiliki waktu luang misalnya, waktu luang tersebut akan digunakan untuk hal-hal yang lebih bermanfaat, atau hal yang lebih produktif.

Meningkatkan Nilai Diri dan Lebih Siap Menghadapi Persaingan

manfaat kuliah sambil kerja lainnya adalah meningkatkan portofolio atau meningkatkan nilai diri pada cv. Apa lagi jika pekerjaan yang dipilih cukup bergengsi atau diminati banyak perusahaan. Nantinya pengalaman tersebut akan sangat bermanfaat ketika melamar kerja di masa depan.

Jika Anda sudah memiliki pengalaman bekerja selama kuliah, perusahaan pasti lebih tertarik merekrut, karena mayoritas tempat bekerja lebih mengutamakan orang yang handal dan berpengalaman dibanding karyawan baru yang masih buta dengan dunia kerja.

Tips Kuliah Sambil Bekerja Agar Tetap Menyenangkan

Meski melakukan kuliah sambil kerja cukup melelahkan, tetapi begitu banyak manfaat kuliah sambil kerja yang akan diperoleh nantinya. Setiap mahasiswa tentu bisa melakukan kedua kegiatan ini secara bersamaan asalkan paham tips terbaik menerapkannya.

Salah satu tips penting yang bisa diterapkan adalah pastikan memilih pekerjaan yang disukai serta tidak terlalu membebani waktu kuliah. Pekerjaan freelance misalnya memiliki waktu yang fleksibel, sehingga bisa disesuaikan dengan waktu kosong selepas kuliah.

Selain itu, lebih baik juga pilih pekerjaan yang sinkron dengan jurusan kuliah yang sedang ditempuh. Dengan demikian, setelah lulus kuliah, pengalaman bekerja tersebut nantinya mendukung cv saat melamar kerja nanti. manfaat kuliah sambil kerja tentu sangat banyak, jadi tidak ada salahnya untuk dicoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *